FAQs

WHISTLE BLOWING SYSTEM (WBS)

  1. F    :     Apa yang dimaksud dengan pelanggaran ?

         Q   :     Pelanggaran adalah perbuatan yang melanggar perundang-undangan, peraturan/standar, kode etik, dan kebijakan, serta tindakan lain yang sejenis berupa ancaman langsung atas kepentingan umum, serta Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) yang terjadi di lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan

2. F    :     Apa yang dimaksud Whistleblowing System ?

         Q   :     Whistleblowing System  adalah mekanisme penyampaian pengaduan dugaan tindak pidana tertentu yang telah terjadi atau akan terjadi yang melibatkan pegawai dan orang lain yang yang dilakukan dalam organisasi tempatnya bekerja, dimana pelapor bukan merupakan bagian dari pelaku kejahatan yang dilaporkannya.

3. F    :     Siapa saja yang dimaksud dengan Whistleblower?

         Q   :     Yang dimaksud dengan Whistleblower atau Pelapor Pelanggaran adalah pegawai/pejabat di lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan dan/atau masyarakat.   

4.      F    :     Apa yang dimaksud dengan pengaduan?

         Q   :     Pengaduan adalah pemberian informasi yang disampaikan baik secara langsung maupun tidak langsung sehubungan dengan adanya pelanggaran

5.      F    :     Bagaimana kriteria pengaduan yang dapat dilaporkan?

         Q   :     Pengaduan yang akan dilaporkan harus memenuhi kriteria 4W + 1H,  yaitu :

  • WHAT yaitu apa perbuatan berindikasi Tindak Pidana Korupsi/pelanggaran yang diketahui.
  • WHO yaitu siapa yang bertanggungjawab/terlibat dan terkait dalam perbuatan tersebut.
  • WHERE yaitu dimana tempat terjadinya perbuatan tersebut dilakukan.
  • WHEN yaitu kapan waktu perbuatan tersebut dilakukan.
  • HOW yaitu Bagaimana cara perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dan sebagainya).
  • EVIDENCE (jika ada) yaitu Dilengkapi dengan bukti permulaan (data, dokumen, gambar dan rekaman) yang mendukung.

6.     F    :     Bila kami menemukan pelanggaran atau dugaan pelanggaran yang dilakukan, dimana kami dapat melaporkannya?

         Q   :     Bila menemukan pelanggaran atau dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai Balai Besar POM di Manado, dapat melaporkan ke Balai Besar POM di Manado dengan cara :

  • Secara langsung ke ULPK Balai Besar POM di Manado, Jl. Raya Manado – Tomohon Km 7 Pineleng
  • Secara tidak langsung dapat melalui email laporpom.manado@gmail.com atau melalui layanan pesan singkat (sms) atau whatsapp atau telephon di nomor hotline 0852 9222 6662 ataupun menggunakan kota pengaduan yang disediakan oleh Balai Besar POM di Manado

7.      F    :     Apakah kerahasiaan identitas pelapor dapat dijamin?

         Q   :     Sesuai dengan aturan yang berlaku, Balai Besar POM di Manado dalam hal ini adalah Tim Pengelola Pelanggaran Balai Besar POM di Manado wajib menjamin dan melindungi kerahasiaan dan identitas dari pelapor

8.      F    :     Bagaimana kami dapat mengetahui bahwa laporan kami sudah ditindaklanjuti oleh Tim Pengelola Pelanggaran Balai Besar POM di Manado?

Q :  Laporan yang masuk akan langsung ditindaklanjuti oleh Tim, bila setelah diverifikasi dan diinvestigasi laporan tersebut memenuhi syarat untuk ditindaklanjuti maka tim akan segera memproses laporan tersebut. Tim akan menghubungi pelapor paling lambat 7 (tujuh) hari kerja setelah laporan diproses. Pelapor juga dapat menanyakan proses laporannya melalui nomor atau email yang sudah disediaka